Aksi Donor Darah Rutin ASN Pemerintah Aceh Awal Tahun 2021 Capai 501 Kantong

  • Whatsapp
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM

Banda Aceh – Aksi donor darah rutin Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Aceh pada tahapan awal tahun 2021, telah berhasil mengumpulkan sebanyak 501 kantong darah. Jumlah tersebut tercapai setelah tiga Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Inspektorat Aceh, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh menyumbang sebanyak 77 kantong darah pada hari ini, Selasa (26/1/2021).

Yang lebih membanggakan, 90 persen lebih dari pendonor itu adalah pendonor rutin sejak tahun 2020, hanya sebagian kecil yang tercatat sebagai pendonor baru. Adapun rincian golongan darah donasi dari ketiga SKPA didominasi golongan darah O, dengan rincian; 11 kantong golongan darah A, 18 kantong golongan darah B, 7 kantong golongan darah AB, dan 41 kantong golongan darah O.

Bacaan Lainnya

“Jumlah tersebut merupakan hasil dari tahapan pertama di tahun ini, tapi jika diakumulasikan dari tahun 2020 jumlah total donasi darah dari ASN Pemerintah Aceh mencapai 7.057 kantong. Kita sangat mengapresiasi ketulusan serta keikhlasan para ASN dalam melakukan aksi donasi ini sejak tahun lalu,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam update harian donor darah ASN lingkup Pemerintah Aceh.

Muhammad Iswanto menambahkan, aksi donor darah rutin yang telah dimulai sejak Bulan Mei tahun 2020 tersebut, sudah ditetapkan sebagai agenda rutin. Para ASN di setiap SKPA secara sukarela dianjurkan untuk mendonorkan darahnya, dengan mendapatkan jadwal secara bergilir sesuai dengan ketentuan waktu donor darah, yaitu per 60 hari.

“Nantinya hasil donor darah ASN ini akan membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit di Aceh dalam memenuhi kebutuhan darah, seperti untuk para pasien penderita thalasemia, ibu melahirkan, dan kebutuhan operasi serta tindakan emergency lainnya,” ujar Iswanto.

Dalam kesempatan itu, mantan Kabag Humas Pemkab Aceh Besar itu juga mengimbau masyarakat umum untuk ikut serta bersama Pemerintah Aceh melakukan aksi donor darah secara sukarela, karena kebutuhan darah, khususnya di masa pandemi masih cukup tinggi.

“Setetes darah kita adalah kehidupan bagi orang lain, jadi mari bersama-sama kita bantu saudara kita yang membutuhkan,” pungkas Iswanto.[]

Pos terkait