Dishub Kota Banda Aceh Bekali 150 juru parkir

  • Whatsapp
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banda Aceh membekali 150 juru parkir yang beroperasi di Banda Aceh. Mendapatkan Sosialisasi dan Edukasi Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka melayani dan mengatur parkir pada saat bertugas.Foto: Dishub Banda Aceh

Banda Aceh – Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh bekali 150 Juru parkir dalam wilayah kota Banda Aceh. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya Manusia (SDM) petugas parkir dalam wilayah kota Banda Aceh.Sosialisasi dan Edukasi Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka melayani dan mengatur parkir pada saat bertugas. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (2-3/12/2021) itu dipusatkan di Aula Dishub Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Perhubungan Banda Aceh Drs Muzakir Tulot MSi, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perparkiran Mahdani SE mengatakan, kegiatan itu untuk menyosialisasikan tentang pelayanan parkir di Kota Banda Aceh menggunakan sistem pembayaran transaksi nontunai dan sosialisasi jaminan ketenagakerjaan.

Bacaan Lainnya

Ada enam pilar pelayanan parkir, yaitu integritas, mutu, disiplin, teamwork, inovasi dan mempererat hubungan. Jukir harus menjaga etika dan memberi pelayanan yang baik. Di samping harus mengontrol emosinya saat bertugas di lapangan dalam menghadapi berbagai macam tingkah polah masyarakat. Pesan kami harus selalu menggunakan perlengkapan dan identitas juru parkir,” sebut Mahdani. Ke depan, terang Mahdani perparkiran di Kota Banda Aceh akan dilakukan pembayaran retribusi secara nontunai. Karena itu perlu ada sosialisasi terlebih dahulu kepada para jukir.

Ketentuan peralihan pembayaran retribusi parkir secara nontunai sudah diatur berdasarkan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2021 tanggal 28 April 2021.

Karena itu kita menghadirkan tim dari Kantor Bank Indonesia (BI) Aceh untuk menyosialisasikan pembayaran transaksi secara nontunai kepada jukir,” ujar Mahdani.

Pada sosialisasi ini juga dilakukan pendaftaran dan pembukaan rekening Bank Aceh Syariah serta penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada dua juru parkir. Adanya jaminan ketenagakerjaan akan memberi rasa aman bagi jukir saat bekerja di lapangan,” tutup Mahdani.

Pos terkait