Aceh  

Pemkab Aceh Besar Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (3/10/2022)

Kota Jantho – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (3/10/2022). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar Drs Sulaimi MSi mewakili Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM.

Turut hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, ASN, dan tenaga kontrak jajaran Pemkab Aceh Besar.

Kepala Badan Kesbangpol Aceh Besar H Sofian SH menjelaskan, kegiatan upacara Kesaktian Pancasila yang diikuti Forkopimda, pejabat, serta ASN jajaran Pemkab Aceh Besar itu mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasilan tersebut berlangsung khidmat, tertib, dan lancar.

Dalam upacara itu, Ridho Haris Mulya S.STP bertindak selaku Komandan Upacara. Adapun ikrar Hari Kesaktian Pancasila dibacakan Asisten III Setdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM dan doa dipimpin oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar Rusdi SSos MSi.

Sedangkan isi ikrar yang dibacakan tersebut adalah;

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Rongrongan tersebut, mungkin terjadi karena kelengahan dan kekurangwaspadaan masyarakat. Utamanya, terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Padahal, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. Maka, di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan serta menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.